Tags

, ,

Hari ini, ada dua teman yang menawarkan menggunakan Nada Sambung Pribadi (NSP) di nomor handphone saya.  Katanya, lebih asiik kalo di hape kita punya NSP., lebih seru geetho….

Hm…. NSP menurut saya sebuah layanan yang ‘unik’, dalam artian seseorang membayar mahal sebuah layanan untuk dinikmati orang lain dan bukan untuk dirinya sendiri, tapi toh kenyatannya semakin banyak juga orang yang menggunakan layanan NSP. Hebatkan….?!

Hal ini mungkin disebabkan karena NSP ternyata sudah menjadi semacam identitas bagi penggunanya. Dari NSP yang diaktifkan, kita dapat menebak (meskipun secara sepintas) kepribadian dan hobi musik seseorang. Ada yang senang NSP lagu dangdut, pop, lagu mancanegara, dll, gak mungkin kan orang punk pake NSP dangdut…. Ada juga NSP yang berisi perkataan-perkataan tertentu dari seseorang (umumnya artis/orang ternama lainnya), biasanya bersifat humor dan beberapa yang lainnya berisi pesan-pesan keagamaan.

Atau NSP juga terkadang digunakan untuk menampilkan identitas kedaerahan seseorang. Seperti  ingin berkata:  Saya orang  daerah ini lho…!. Hal inilah yang difasilitasi oleh provider telekomunikasi dan content provider bekerja sama dengan artis-artis lokal daerah untuk membuat NSP dengan lagu-lagu daerah.  Inipun bisa menjadi pilihan yang menarik, itung-itung memberdayakan artis lokal kita🙂

Ada juga NSP Politik, waktu hajatan pilpres kemarin, ada juga NSP yang berisi kampanye dari salah satu calon presiden yang akan bertarung. Nah ini juga bisa menjadi identitas kepada seseorang : akan memilih siapa pada waktu pencontrengannya.

Oleh karena itu, sedikit saran bagi anda yang senang menggunakan NSP, hendaknya sedikit mempertimbangkan NSP yang akan diaktifkan. Beri identitas kepada diri anda sesuai NSP yang anda gunakan. Satu lagi, jangan terlalu cepat mengangkat telepon anda ketika menerima panggilan. Kenapa? Layanannya jadinya gak bisa dinikmati bukan……:-)

 

Notes:

–          Tentu….. hal-hal di atas bukan sesuatu yang bersifat mutlak, jangan sampai kita menilai seseorang hanya karena NSP yang digunakannya.

–          Untuk masyarakat Sulawesi Tenggara  –masyarakat Tolaki khususnya- kini  sudah dapat mengaktifkan NSP Tolaki dengan beberapa pilihan (sorry belum dapat bocoran kode nih… akan segera di-update!)

–          5 NSP  top download pada saat nulis ini:

  1. Hampa hatiku – UNGU – 1117622
  2. Tak ada yang abadi – Dmasiv – 0711700
  3. Tak gendong – Mbah Surip – 39111
  4. Menunggu – Sonet2, Ridho Rhoma – 3942151
  5. Kerindun – Sonet2, Ridho Rhoma – 3942150