Tags

, , ,

Are you ready for Ramadhan ?

Hari ini, tanggal 29 Juli 2009, berarti kurang dari sebulan lagi, Ramadhan 1430 H akan segera kita masuki.

Ramadhan, bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh rahmat dan ampunan-Nya, bulan yang diturunkan Al-Quran didalamnya, bulan yang setiap amal kebajikan kita akan diberi balasan yang berlipat-lipat nilainya. Rasulullah bersabda :

“Setiap amal yang dilakukan anak Adam adalah untuknya, dan satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipatnya bahkan sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman, ‘Kecuali puasa, itu untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya. la telah meninggalkan syahwat, makan dan minumnya karena-Ku.’ Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum daripada aroma kesturi.”

Sabda Rasul yang lain :

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan keberkahan, AIlah mengunjungimu pada bulan ini dengan menurunkan rahmat, menghapus dosa-dosa dan mengabulkan do’a. Allah melihat berlomba-lombanya kamu pada bulan ini dan membanggakanmu kepada para malaikat-Nya, maka tunjukkanlah kepada Allah hal-hal yang baik dari dirimu. Karena orang yang sengsara ialah yang tidak mendapatkan rahmat Allah di bulan ini. “

Ya…, Ramadhan adalah bulan dengan keutamaan yang sangat banyak, maka sudah sepantasnya bagi kita untuk mempersiapkan diri untuk menyambutnya serta mengisinya dengan amalan-amalan shalih.

Saya teringat dengan khutbah Jumat di Masjid Al-Kautsar Kendari beberapa waktu lalu, menurut sang khatib, sebenarnya sudah terlambat bila di bulan Ramadhan, orang masih sibuk mencari tahu tentang hukum-hukum Ramadhan, misalnya: bagaimana hukum puasa tapi tidak sahur, bagaimana hukum orang yang berjima’ di malam hari dan terbangun setelah subuh, atau hukum berpuasa tapi menerima suntikan, dll. Sebab, seharusnya hal-hal seperti itu sudah dipelajari sebelum kita masuk bulan Ramadhan.

Masih banyak waktu yang diberikan kepada kita untuk mengetahui lebih banyak mengenai syarat wajib puasa, syarat sah puasa, sunnah puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, qiyamullail Ramadhan, dan lain-lain. Tidak lain agar tujuan kita diperintahkan oleh Allah untuk berpuasa –untuk menjadi orang bertakwa- dapat tercapai.

Yang jelas bagi saya, salah satu hikmah Ramadhan adalah Grapari akan lebih ‘sejuk’. Pemandangannya akan lebih menyenangkan, teman-teman frontline akan menjadi lebih gagah dan ‘gigih’🙂. Lihat saja style mereka di Ramadhan tahun lalu :

DSC02653a

Atau yang ini :

 DSC02694

Lebih mantaplah pokoknya…,

Semoga kita senantiasa diberi umur yang panjang dan kesempatan untuk bertemu Ramadhan kembali, diberi keteguhan hati untuk mengisinya dengan sebaik mungkin.  Nah…., are you ready for Ramadhan?