Tags

, ,

fb_addictBagaimana rasanya bila tidak ber-fesbuk sehari saja?

 Jawabannya bisa bermacam-macam. Tapi saya yakin, jawabannya yang dominan adalah: merasa ada yang hilang, tidak nyaman, tangan jadi gatle (baca: gatel), rasanya gimanaaa gitu.. dll semacamnya. Terlebih bagi mereka yang memiliki fasilitas untuk bisa selalu mengaksesnya, punya mobile device yang support atau pake fasilitas kantor misalnya.

Ya…, sebagian dari kita mungkin sudah kena candu fesbuk atau bisa disebut ‘fesbuk-holic’. Sangat senang rasanya bisa mengupdate status kita, memberi komentar status orang lain, upload foto, berkirim pesan, chatting dengan teman-teman lama yang ada di tempat lain ataupun dengan teman-teman baru (yang lebih sering belum pernah kita temui), hingga sering kali lupa waktu dan tempat.

Tapi bagaimana kalau kita tanyakan lagi: seberapa penting sih fesbuk itu?

Jawabannya bermacam-macam juga? Mungkin…, tapi dominan akan menjawab: TIDAK. Sebab, memang yang kita bicarakan dan perbincangkan di fesbuk seringkali hanyalah hal remeh temeh dan untuk senang-senang saja. ‘selamat pagi semua’, ‘apa kabar hari ini’, ‘ngapain ya hari ini’ adalah status yang sering sekali dan berulang-ulang kita lihat di fesbuk. Penting gak?

Tentu tidak ada maksud untuk menyalahkan teman-teman yang punya akun fesbuk –saya pun punya akun fesbuk-, serta tidak ada niat mendebat arti pentingnya teknologi informasi bagi kita serta manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan fesbuk ataupun kegiatan on-line lainnya.

Hanya saja, bila fesbuk sudah sampai ‘menjauhkan’ kita dengan sahabat-sahabat depan_belakang_samping_kanan_kiri, atau bahkan dengan keluarga kita di rumah, menghilangkan waktu bersenda gurau dengan mereka, meniadakan jadwal baca buku kita, sudah saatnya kita atur jadwal harian kembali dengan lebih bijaksana.

Bila sehari tidak berfesbuk kita merasa kehilangan, cobalah untuk tidak ber-fesbuk selama seminggu  full. Hasilnya bukan semakin kehilangan, tapi akan ‘biasa-biasa saja’. Tidak percaya? Cobalah…..

http://www.facebook.com/herman.suryanegara