Tags

,

Baru saja selesai membaca artikel di hidayatullah.com berjudul; Jadilah “Libas” Bagi Pasangan Anda!. Arti ‘libas’ adalah pakaian, jadi judul artikel itu bermakna : jadilah pakaian bagi pasangan anda. Judul ini terinspirasi dari Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 187.

Fungsi pakaian adalah untuk menutup aurat tubuh (lihat QS.7:26).  Suami istri adalah pakaian bagi pasangannya. Dengan begitu, suami istri adalah penutup  “aurat” (baca: aib) bagi pasangannya.  Tidaklah pantas seorang istri membicarakan keburukan suaminya dan seorang suami tidak boleh menceritakan keburukan istrinya.

Fungsi pakaian juga sebagai perhiasan (lihat QS.7:26). Perhiasan adalah sesuatu yang indah dan berharga. Dengan memiliki dan atau memandang perhiasan mendatangkan kesenangan, kepuasan dan kebahagiaan. Suami adalah perhiasan bagi istrinya dan istri adalah perhiasan bagi suami. Suami indah dilihat istri dan juga sebaliknya. Suami merasa berharga bagi istrinya, dan pada saat yang sama suami menghargai istrinya. Demikian pula sebaliknya.

Yang repot –dalam hal membuka keburukan pasangan-, kalau suami – isteri sudah berusaha menjadi pakaian bagi pasangannya tapi malah orang lain yang berusaha menyingkap pakaian itu dan membeberkannya kepada khalayak.

Acara-acara gosip yang tiap hari berseliweran di televisi kita adalah contoh banyaknya ‘pakaian-pakaian’ yang sedemikian mudah dibuka untuk menjadi konsumsi umum. Anehnya, acara itu dilabeli : infotainment (informasi dan entertainment?). Apakah mengetahui masalah rumah tangga orang, menggunjing, menfitnah sudah menjadi bahan hiburan?

Sebagian kitapun tanpa sadar semakin terbiasa dan ‘benar-benar terhibur’ dengan tayangan tersebut dan- mungkin- ini pula yang menyebabkan semakin hari semakin entengnya kita membicarakan keburukan orang-orang di sekitar kita (baca: teman, tetangga, bos, bawahan) tanpa sadar dengan keburukan diri sendiri.

Say NO to infotainment, say NO untuk meng-ghibah!